Jumat, 09 Oktober 2009

Perang Dunia II

Perang Dunia II

1) Pengertian

Perang dunia 2 (World War 2) adalah sebuah perang yang sangat besar dalam sejarah umat manusia karena melibatkan 2 aliansi militer besar yaitu Poros Axis (Nazi Jerman, Italia,Jepang) melawan Sekutu (Amerika, Inggris, Prancis, Kanada, dan Australia) serata membawa Negara Uni Soviet yang pada awalnya bersama Nazi Jerman mengalahkan Polandia tetapi kemudian berbalik melawan Axis setelah dilancarkannya Operasi Barbarossa (Operasi untuk menyerang Soviet) oleh Jerman atas perintah Hitler.
Selain Jumlah Negara yang terlibat perang sangat banyak, jumlah korban perang juga sangat memilukan tercatat sebanyak 17 juta nyawa militer dan 33 juta rakyat sipil tewas total 50 juta jiwa tewas di pihak sekutu dan 8 juta militer ditambah 4 juta rakyat sipil dengan total 12 juta jiwa tewas di pihak axis, jumlah itu belum termasuk 6juta orang yahudi dan 800ribu orang gipsi dan roma tewas selama Holocaust (Genosida/ pembantaian missal dengan cara sistematis) nazi jerman antara tahun 1941-1945.
Dalam perang dunia 2 ini juga terjadi perbedaan yang amat drastis disbanding perang sebelumnya yaitu teknologi dan strategi perang. Dalam perang ini semua negaa mulai menggunakan pesawat tempur dan tank-tank yang semakin menambah daya bunuh mesin perang, selain itu yang teknologinya paling maju adalah peralatan perang Nazi Jerman yang sudah menggunakan mesin jet pada pesawat-pesawat tempur mereka dan tank-tank yang lincah, ringan namun mematikan.

2) Lahirnya Negara Totalitarian

Negara totalitarian adalah Negara yang hanya dipimpin oleh satu pemimin yang mutlak atau diktator dan hanya satu partai berkuasa tanpa adanya oposisi akibat pemberangusan oleh partai berkuasa. Contoh Negara totalitarian adalah
• Fasis Italia
Setelah berakhirnya perang dunia I keadaan Italia sangatlah buruk, sebuah Negara yang dahulu indah dan asri menjadi nagara yang hampir bangkrut dan kemiskinan yang merajarela. Dalam krisis yang berlarut larut muncul sebuah partai yang beraliran nasionalisme fanatic bernama Partai Fasis dengan pemimpinnya Benito Mussolini(1883-1945) yang menjanjikan keteraturan dan kemakmuran Italia.
Pada tahun 1922 partai ini berhasil memaksa raja Italia untuk mengangkat Mussolini menjadi Perdana Mentri, setelah berkuasa Mussolini kemudian memberi gelar pada dirinya ilduce(sang pemimpin)dan kemudian ia menyebar satuan polisi rahasia untuk menebar terror dan membunuh semua lawan politiknya. Mussolini kemudian mencita-citakan kejayaan Italia seperti jaman romawi dengan doktrin Italia la Prima atau Italia Raya dengan menguasai daerah sekitar laut tengah termasuk Timut Tengah, Mesir dan Afrika.
• Nazisme Jerman
Pasca PD1 keadaan jerman amat sangat buruk, bahkan lebih buruk dari Italia karena jerman merupakan pihak yang kalah perang. Menurut Traktat Versailles (Perjanjian damai yang mengakhiri PD 1) yang harus dituruti jerman, negara itu wajib membayar kerugian perang sebesar 5 milliar Deutsch Mark dan Menyerahkan seluruh daerah yang kaya akan tambang beserta wilayah jajahan kepada pihak pemenang. Selain itu yang paling menyakitkan adalah jerman tidak boleh memiliki lebih dari 100 ribu personel tentara dan tidak boleh memiliki tank ataupun pesawat tempur, padahal selama 200 tahun jerman atau kekaisaran prussia terkenal akan kehebatan dan kedislipinan militernya.
Ditengah krisis muncul National-Sozialische DeutschArbeiter Partei atau Partai Pekerja Jerman Nasional-Sosialis atau lebih dikenal dengan partai Nazi dengan pimpinan mereka Adolf Hitler, seorang kopral jerman pada PD1 yang mendapat medali Iron Cross. Dibawah kepemimpinannya partai nazi menjadi sangat terkenal dan paling populer, ia akhirnya menjadi kanselir jerman pada 1933 dan menjadi presiden absolut pada 1935 setelah meninggalnya presiden Paul Von Hidenburg. Kemudian ia memerintahkan satuan Gestapo atau polisi rahasia Nazi untuk memberantas oposisi dan dengan cepat ia berkuasa mutlak dengan gelar der fuhrer.
• Militarisme Jepang
Jepang memulai reformasi ketika naiknya kaisar tenno Heika menjadi raja jepang dan militer mulai masuk ke kancah politik, selain itu epang mulai membuka diri dan modernisasi militr yang dikenal dengan program Restorasi Meiji. Setelah naiknya Hideki Tojo menjadi Perdana Mentri jepang mulai membangun militer yang modern dan kuat, selain itu jepang juga memiliki militer yang paling fanatik dan berani mati.



3) Latar Belakang Perang Dunia II
Setiap peristiwa besar ada penyebabnya, dalam PD II ini ada penyebab secara langsung dan ada pula penyebab secara tidak langsungnya.
• Penyebab Tidak Langsung
(a) Munculnya Nasionalisme Berlebihan
Nasionalisme berlebihan muncul seiring ambruknya keadaan ekonomi suatu negara. Nasionalisme berlebihan cenderung memandang rendah bangsa lain. Contoh nasionalisme berlebihan adalah fasisme italia, nazisme jerman, militerisme jepang dan komunisme soviet.
(b) Timbulnya Pemerintahan Diktator
Krisis berlarut pasca PD1 menimbulkan anggapan bahwa demokrasi tak menyelesaikan masalah, jadi timbul pemikiran untuk menempatkan pemerintahan dibawah satu pemimpin absolut untuk mengatur ulang semua sistem yang gagal pasca PD1
(c) Munculnya Politik Agresi Militer
Politik agresi militer muncul di negara negara axis sekitar tahun 1930-an, seiring muncuknya doktrin doktrin tertentu dalam negara tersebut seperti italia berdasar doktrin italia irredenta (italia jaya), jerman berdasar lebensraum (ruang hidup) yang membuat jerman merasa berhak atas wilayah yang didiami ras atau bangsa jerman, kemudian jepang dengan doktrin hakko-ichi-u
• Penyebab Langsung
(d) Penyerangan jeraman atas Polandia pada tanggal 1 september 1939 membuka tirai perang front eropa dan afrika utara.
(e) Penyerangan mendadak jepang atas pearl harbour pada tanggal 7 desember 1941 mengawali perang front asia-pasifik.

4) Kronologi Perang Dunia II
Secara garis besar, jalannya perabg terbagi atas 2 front aitu fron Eropa dan Afrika Utara dengan Front Pasifik.
• Front Eropa dan Afrika Utara
 1939
Pada tanggal 1 september 1939 secara mendadak pasukan nazi jeman menerobos perbatasan jerman polandia dan menginvasinya, sebelum infantri jerman masuk terlebih dahulu dilakukan serangan udara terhadap seluruh landas pacu dan pesawat pesawat tembpur polandia sehingga prioritas udara sepenuhnya jadi milik jerman. Setelah 2 hari penyerangan jerman, inggris dan prancis yang amat geram dengan tindakan nazi langsung mengumandangkan perang melawan nazi dan sekutunya. Selang 2 minggu pasca nazi menyerang, kemudian tentara merah soviet menyerang polandia dari timur dan akhirnya polandia menyerah hanya dalam 18 hari pertempuran polandia menyerah dan dihapus dari peta dunia.
 1940
Aengan strategi perang yang jauh beda dari PD I yang cenderung menggunakan strategi perang parit (Trench War) nazi jerman melaju cepat ke arah barat menuju prancis dengan mesin perangnya, sementara prancis hanya menyiapkan sebuah parit pertahanan sepanjang perbatasan dengan nazi yag termasyur dengan nama Maginot Line.
Akhirnya pada tanggal 9 april, nazi memulai Blitzkrieg (serangan Kilat) mereka ke arah barat untuk menakhlukan prancis dengan menyerang denmark terlebih dahulu untuk membuka jalan ke arah barat, akhirnya denmark menyerah pada pertengahan april, kemudian nazi melanjutkan petualangan mereka dengan menundukkan belanda dan belgia pada akhir mei 1940. sementara itu italia baru mengumumkan perang dan berada di pihak nazi pada tanggal 10 juni. Akhirnya pada tanggal 22 juni prancis menyerah kepada nazi jerman dan sekutunya, sama cepatnya prancis menundukan jerman pada PD1.
Setelah prancis takhluk, pada tanggal 10 juli, AU jerman pimpinan Herman Wilhelm Goering atas perintah sang Fuhrer Adolf Hitler melancarkan serangan ke wilayah udara Inggris yang termasyur dengan sebutan Battle of Britain

 1941
Pada tanggal 6 april pasukan jerman menginvasi yunani dan yugoslavia, meski akhirnya jerman hanya mampu masuk ke pulau kreta dan pasukan jerman dikalahkan oleh gerilyawan komunis pimpinan Yoseph Broz Titto(yang kemudian jadi presiden yugoslavia). Kekalahan di yunani memuat Hitler marah dan merobek robek teks perjanjiannya dengan Stalin, diktator Soviet, yang kemudian memerintahkan untuk melakukan Operasi Barbarossa pada tanggal 22 juni. Operasi ini bertujuan untuk merebut Stalingrad (kota kebanggaan Stalin) dan merebut moskow.

 1942
Pada tanggal 25 agustus perintah untuk merebut Stalingrad secara langsung dikemukakan oleh Hitler dan seluruh pasukan bergerak menuju kota suci Stalin tersebut. Namun di lain front pada tanggal 23 Oktober, pasukan inggris mendarat dan menyerbu kedudukan axis di El Alamein, mesir. Dan pada tanggal * november pasukan sekutu juga mendarat di Al Jazair dan Maroko. Serangan dari arah yang berbeda membuat pasukan axis kewalahan .

 1943
Pada tanggal 2 februari pasukan jerman menyerah di Stalingrad dan pasukan axis pun menyusul menyerah di Afrika Utara pada tanggal 13 mei. Keadaan diperparah dengan menyerahnya Italia kepada sekutu pada tamggal 3 september.
 1944
Pada tanggal 6 juni pasukan sekutu mendarat secara besar besaran di pesisir pantai normandy, prancis, peristiwa itu termasyur dengan sebutan D-Day. Sementara itu maut nyaris saja menghampri hitler tatkala sebuah bom meledak di ruang rapat markasnya, sehari setelah itu komplotan yang merencanakan dibunuh dengan sadis.
Pada tanggal 16 desember pasukan nazi melancakan serangan besar untuk terakhir kali bernama Battle Of Bugle “Hitler’s Last Gambler”.
 1945
Setelah merasa tak ada harapan untuk menang, Hitler bersembunyi di markas bawah tanahnya hingga ia bersama gundiknya, Eva Braun melakukan bunuh diri pada tanggal 30 mei di bungker bawah tanyahnya, setelah melakukan bunuh diri, Hitler memerintahkan jasadnya untuk dibakar agar tak diketemukan sekutu.


• Front Pasifik
 1941
Pada tanggal 7 dDesember, pasukan udara jepang membombardir habis Pearl Harbour tampa pengumuman perang, membuat AS, Inggris dan Kanda menyatakan perang terhadap Jepang


 1942
Pasca penyerangan Pearl Harbour membuat armada sekutu di asia pasifik menjadi lemah, itu member kesempatan bagi jepang untuk menduduki Singapura (15 Februari), dan Semenanjung Bataan (9 April). Tetapi sekutu jga etap bisa membendung serangan laut jepang dalam pertempuran terumbu karang (4-8 mei), dan mengalahkan armada jepang dalam pertempuran Midway(4-6 juni).
 1943&1944
Pada pertempuran Fillipina (19-20 juni) pasukan Jepang berhasil dikalahkan oleh Sekutuakhirnya pada tanggal 18 juli PM Hideki Tojo mengundurkan diri. Dan pada pertempuran teluk layte(23-26 oktober) di fillipina, seluruh armada jepang diobrak abrik sekutu dan memperlemah pengawasan jepang.
 1945
Akhirnya pada tanggal 16 maret, pasukan sekutu mendarat dan merebut Iwo Jima dan dilanjutkan perebutan Okinawa (21 juni) dan pada puncaknya pada tanggal 6&9 agustus ’45 2 bom atom dijatuhkan oleh B-29 amerika di Hiroshima yang merupakan salah satu pangkalan utama militer jepang dan Nagasaki. Akhirnya jepang menyerah tanpa syarat pada tanggal 14 agustus ’45 dan secara resmi pada tanggal 2 september ’45 di atas kapal U.S.S Missouri di teluk tokyo.


5) Dampak Perang Dunia II
• Bidang Politik
 Tampilnya Uni Soviet dan Amerika sebagai dua negara Adikuasa (Super Power) dengan 2 ideologi berbeda, Soviet dengan komunisnya dan AS dengan liberalisnya.
 Munculnya era Perang Dingin (Cold War) dengan cara mengimbangi dan berlomba lomba membentuk pakta pertahanan AS dengan NATO (North Atlantic Treaty Organization) dan Soviet dengan Pakta Warsaw.
 Muncul negara merdeka baru seperti Indonesia, India, Pakistan, dan Fillipina
• Bidang Ekonomi
 AS yang wilayahnya relatif aman dari perang mengucurkan bantuan kepada negara-negara yang hancur untuk rehabilitasi pasca perang
 Perekonomian terbagi menjadi 3 sistem utama Liberal, Komando dan Campuran.
• Bidang Sosial
 Munculnya organisasi perdamaian dunia, United Nations atau PBB.
 Timbulnya gerakan pendukung HAM


6) Tokoh Perang Dunia II
• Axis
 Adolf Hitler(Fuhrer Nazi Jerman, sang pengobar api PD2, mati akibat bunuh diri yang ia lakukan bersama gundiknya, Eva Braun di bungkernya ketika Berlin diduduki Red Army soviet, Mei 1945)
 Benitto Mussolini (Diktator Italia yang menjerumuskan Italia pada gelapnya julrang PD 2, ia mati ketika partisan italia menyergapnya, jenasahnya digantung terbalik di jalanan kota Milan)
 Erwin Rommel (Jendral Axis di El Alamien berjuluk The Dessert Fox atau Serigala padang pasir. Jendral termasyur PD 2, namun ketika ia dicurigai ikut dalam Plot 20 Juli( Percobaan pembunuhan Hitler) ia tidak dibunuh melainkan diperintahkan bunuh diri)
 Heinz Von Guderian (Jendral Nazi Jerman di Front Eropa dan pencetus strategi Blitzkrieg yang menghempas denmark, belgia, belanda hingga Prancis, pasca PD 2 ia hidup normal, terbebas dari sidang penjahat perang karena ia satu satunya jendral axis yang menghormati aturan perang internasional)
 Hideki Tojo (Perdana Mentri jepang ketika PD II, memerintahkan secara angsung penyerbuan Pearl Harbooaur dan perang Asia Timur Raya. Setelah jepang mulai terdesak, ia mengundurkan diri dan ketika jepang menyerah ia mencoba melakukan Harakiri(Bunuh diri dengan terhormat ala jepang) namun gagal dan menjalani sidang penjahat perang PD2.)
• Sekutu
 Winston Churchill (PM Inggris semasa PD II yang berhasil menghalau serangan Nazi Jerman ke daratan Inggris dan menyediakan lahannya untuk konsolidasi pasukan sekutu sebelum D-Day)
 Joseph Stalin (Diktator Uni Soviet yang berhasil memerintahkan pasukan merah menjebak serdadu nazi di Stalingrad dan kemudian memukul mundur pasukan Nazi hingga jatuhnya Berlin ke tagan Soviet, Mei 1945)
 F.D Roosevelt (Presiden AS yang turut mendukung Manhattan Project, sebuah proyek untuk membuat bom atom. Meninggal sebelum jabatan selesai, kemudian digantikan oleh Trumman.

1 komentar:

  1. makasih mz ahmed,dah nyalametin aku dari tugas sejarah...wkwkwkwkwkwkwkwk...umay

    BalasHapus